test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI

Manuver Lapangan Pada Latihan Kesiapsiagaan Operasional (LKO) SAR TA. 2024

TNI AL/ Koarmada III | Komandan Guskamla Koarmada III Laksma TNI Sumarji Bimoaji selaku Komandan Satgas LKO SAR TA. 2024 yang on board di KRI Gulamah-869 memimpin pelaksanaan Maneuver Lapangan (Manlap) LKO SAR TA. 2024 pada Selasa 14 Mei 2024 di Perairan Sorong dan Dermaga Lantamal XIV Sorong. (15/05/24). 

Kegiatan Manlap LKO SAR TA 2024 ini merupakan implementasi dari Geladi Mako dan Tactical Floor Game (TFG) yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu, bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan Personel dan Alutsista Jajaran Satuan Koarmada III dalam melaksanakan pencarian dan penyelamatan SAR, sehingga mampu mewujudkan kesamaan pola pikir dan pola tindak terkait prosedur serta mekanisme pencarian/penyelamatan/ SAR yang telah disinergikan dengan Protap Satuan/ Instansi/Lembaga Terkait lainnya. 

Pada Manlap ini disimulasikan KM. Sinabung mengalami kebakaran dan kecelakaan laut di perairan Sorong, tepatnya pada koordinat 0°52'689" S - 131°10'008" E, mengakibatkan beberapa penumpang mengalami luka bakar dan melompat ke laut untuk menyelamatkan diri. Untuk menyelamatkan para korban, Komandan Satgas LKO SAR TA 2024 memerintahkan seluruh Unsur Terkait di bawah Satgas SAR bertolak dari Pelabuhan Lantamal XIV Sorong menuju lokasi kejadian untuk melaksanakan evakuasi korban. 

Seluruh korban penumpang KM. Sinabung dapat diselamatkan oleh Unsur bersama Tim Kopaska dan Dislambair, selanjutnya dibawa ke Pelabuhan Lantamal XIV untuk identifikasi serta penanganan medis lanjutan. 

Di tengah berjalannya Manlap, Pangkoarmada III Laksda TNI Hersan S.H., M.Si., M.Tr., Opsla., selaku Dirlat meninjau pelaksanaan Latihan di Dermaga Lantamal XIV Sorong.

Unsur Terkait yang dilibatkan pada Manlap terdiri dari KRI GLH-869 (selaku Kapal Markas), Pesud CN-235, KRI SRA-802, KRI TTH-853, TD Umsini, TD Irau, KAL Tornado, KAL Wayag, Patkamla Jeffman, G7, X2K, KP. Polairud, dan KN SAR RB 221. 

Pada akhir rangkaian kegiatan SAR yang berlangsung lancar dan aman, Dansatgas SAR memerintahkan seluruh Unsur terkait di bawah Satgas SAR kembali ke Pangkalan awal. 

Peserta Manlap pada LKO SAR 2024 diikuti oleh beberapa Satuan terdirindari Kopaska dan Dislambair Koarmada III, Yonmarhanlan Sorong, Tim Medis Diskes Armada III, Tim medis Diskes Lantamal XIV, Tim medis Yon Kes Pasmar III, Tim medis Yonkes Kopaska, Tim medis RSAL dr Oetoyo, Tim medis RSAD Aryoka, Tim medis Dokes Polres kota Sorong, Tim medis Denkes Yah TNI AD, Tim medis Puskesmas Remu, Tim medis Puskesmas Malawali, Tim medis Puskesmas Malaweri, Tim medis Puskesmas Majaran, Tim medis Puskesmas Mariat, Tim medis Puskesmas Malawai Kota Sorong, Tim medis Puskesmas  Mayamuk, Tim medis Rumah Sakit Mutiara, Tim medis Puskesmas Malaimsimsa Kota Sorong, dan Tim medis Puskesmas Tanjung Kasuari Kota Sorong. 

Turut mendampingi Dansatgas LKO SAR pada pelaksanaan Manlap, seluruh PJU Guskamla Koarmada III, para Paban, Perwira Staf dan Personel Pendukung Guskamla Koarmada III.

Kadispen Koarmada III/ Kolonel Laut (KH) R Doni Kundrat

Posting Komentar

0 Komentar